Konfigurasi Dasar VoIP di Trixbox



VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon bisa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidakseperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).

Assalamu'alaikum wr. wb. kembali lagi dengan saya Galang Sutarna Pada Kesempatan Kali Ini Saya Akan Memberikan Sebuah Tutorial Dasar Tentang VoIP di Trixbox... Yang Sudah Saya Bilang Pada Artikel Sebelumnya Mengenai Trixbox kali ini saya Akan Mengkonfigurasi VoIP Dasar Bagaimana Kelanjutannya Simak Baik baik..
Untuk Topologi Seperti Gambar di bawah ini Disini Saya Akan Meremote Si Trixbox via Wireless yang saya akan remote ke laptop Linux Saya.., Nah Untuk Pengujian VoIP Saya Mencoba menggunakan Zoiper serta untuk perangkat ialah Laptop Linux saya Serta Smartphone saya... Untuk Lebih Jelas Simak Topologi di Bawah ini
Untuk Langkah Pertama Ialah Meremote Via Akses Point melalui Web Based GUI dengan User dan password default bawaan trixbox yaitu user maint dan password password untuk mengubah ke hak admin klik switch dipojok kanan atas lalu masukkan user dan passwordnya
Langkah Selanjutnya ialah Menambahkan Extensions User VoIP pergi ke PBX > PBX Settings > Extensions untuk device Pilih Generic SIP Device kenapa Harus SIP Device ini penjelesanannya SIP adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang bisa meliputi suara, video, dan text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung Sudah Paham? Setelah memlih SIP Device klik Submit

Tambahkan User Extension sesuai selera ini akan menentukan Nomer telpon kalian masing masing lalu untuk display name lebih baik nama kalian saja atau saudara kalian :v
Lalu Pergi ke Device Options pergi masukkan secret iala password user VoIP Kalian yang akan di uji nanti di software VoIP Client lalu untuk dtmfmode bisa kosong lalu apa itu dmtf? DTMF adalah singkatan dari Dual Tone Multiple Frequency yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia pengertian dtmf adalah Persinyalan nada ganda multifrekuensidinamakan multiple frekuensi karena pada prosesnya sinyal dtmf menggunakan dua buah frekuensi yang tercampur menjadi satu sehingga menghasilkan sebuah nada baru lalu kenapa rfc2833? adalah salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar Internet (dtmf) bernomor lalu setelah sudah diisi klik paling bawah yaitu submit

Tambahkan User kedua sama seperti sebelumnya jika saya untuk user kedua ialah
user extensions 9999
display name galang
secret 8888
dtmfmode rfc2833
lalu submit, setelah submit apply configuration Changes lalu pilih saja Continue with reload


Inilah Hasil Penambahan Extension yang saya buat


Yang Sudah saya tentukan seperti topologi saya Akan Menguji melalui Laptop Saya dan Smartphone saya Perlu Di ingat kalian harus sudah Satu Jaringan Terhadap Akses Point yang sudah Menyangkut pautkan si Trixbox ke AP untuk VoIP Client saya Menggunakan Zoiper nah disini masukkan user extensions yang sudah tadi dibuat... disini saya login dengan user pertama yaitu wahidah masukkan saja user 8888 dan passwordnya untuk @galang.localdomain untuk itu bisa menggunakan IP atau kosong dan bisa juga menggunakan local domain. untuk default local domain trixbox ialah trixbox1.localdomain bagi kalian yang belum tahu cara menambahkan localdomain klik artikel ini Jika Kalian Belum Mengsakut pautkan user VoIP dengan  zoiper bisa create account terlebih dahulu 
Nah Jika kalian Belum Mengsakut pautkan User VoIP Trixbox kalian pilih create account Lalu Untuk Pemilihan Provider Perlu diingat disini bisa ditambahkan IP Address Server Trixbox sendiri jika saya 192.168.43.3 lalu bisa juga dengan Local Domain kalian masing masing
Centang Otentikasi dan outbound proxy masukkan user extensions yang sudah kalian buat tadi, disini saya mengsakut pautkan user wahidah yang sudah saya bilang sebelumnya lalu untuk outbound proxy ialah IP Server Trixbox, Perlu diingat kalian sudah harus satu jaringan
Biasanya Akan langsung Menemukan Koneksi antar SIP UDP
Dan Selesai
Dan sekarang Kita Ke Smartphone saya, disini saya akan mengsakut pautkan user kedua di Smartphone saya, Untuk VoIP Client sama seperti sebelumnya saya menggunakan Zoiper jika kalian yang belum download bisa download di Play store, pastikan juga sudah satu Jaringan AP
Sama Seperti Sebelumnya Create Account lalu untuk Hostname or Provider ialah IP Address atau Local Domain Server trixbox itu sendiri untuk sekarang saya Menggunakan IP Address berbeda dengan sebelumnya
Dibagian Otentikasi dan Outbound Proxy sama seperti sebelumnya masukkan user extensions kedua yang sudah kalian buat di server trixbox dan untuk outbound proxy masukkan IP Address Server Trixbox


Maka Otomatis akan Menemukan Koneksi SIP UDP lalu Next saja
Dan Selesai
Untuk Pengujian Saya Akan Menelpon Nomer tujuan kedua yaitu 9999 lewat Laptop saya ke Smartphone saya
Dan Inilah yang terjadi :v ada panggilan masuk dari user pertama yaitu wahidah yang sudah saya sangkut pautkan dengan zoiper di laptop saya
Oke Mungkin Itu Saja Jika ada kesalahan dan kekurangan mohon di maafkan wassalamu'alaikum wr. wb.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post